ANALISIS ARTIKEL (Statistik Inferensial)
PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR SISWA
Nama penulis : Siti Fatimah, Ika Kartika, dan Thaqibul Fikri Niyartama
jurnal : Kependidikan
volume : 42
tahun penerbitan : 2012
jumlah halaman : 6 halaman
Novelty Artikel : tidak ada
PENDAHULUAN
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan dan tanggapan pembelajaran fisika dengan model Cooperative Learning tipe FSLC dan SGD pokok bahasan getaran dan gelombang terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII.
Upaya pemerintah dalam mengembangkan mutu pendidikan dilakukan melalui berbagai cara. Salah satu di antaranya adalah melalui perbaikan kurikulum. Keberhasilan proses kegiatan belajar mengajar pada pembelajaran fisika dapat diukur dari keberhasilan siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran, baik di kelas maupun di luar kelas. Hal itu dapat dilihat dari tingkat pemahaman, penguasaan materi, keterampilan, serta prestasi belajar siswa terhadap materi fisika. Di dalam pembelajaran fisika sangat diperlukan keaktifan, baik guru maupun siswa sebab pada prinsipnya belajar adalah berbuat untuk mengubah tingkah laku siswa seperti tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan.
METODE
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Plus Az-Zahro semester genap dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini merupakan perpaduan antara penelitian eksperimen dan penelitian deskriptif. Desain penelitian deskriptif dalam penelitian ini berupa angket untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap pembelajaran fisika dengan menggunakan model cooperative learning tipe FSLC dan small group discussion. Variabel dalam penelitian ini menggunakan variabel terikat (prestasi belajar); variabel bebas (pembelajaran fisika dengan menggunakan tipe FSLC dan small group discussion; dan variabel moderator (tanggapan siswa). Data dianalisis dengan Anava Satu Jalur
KESIMPULAN
Berdasarkan hasil analisis penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran fisika dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe FSLC dan Small Group Discussion mempunyai perbedaan yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Tanggapan siswa terhadap pembelajaran fisika dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe FSLC termasuk kategori baik dengan persentase 83% dan tanggapan siswa yang menggunakan metode Small Group Discussion termasuk kategori cukup baik dengan persentase 77,5%.
link jurnal pdf
Komentar
Posting Komentar