VALIDITAS DAN RELIABILITAS INSTRUMEN ASESMEN
KINERJA LITERASI SAINS PELAJARAN FISIKA BERBASIS STEM
Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian pengembangan asesmen kinerja literasi sains
berbasis STEM pada pembelajaran fisika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengungkapkan validitas isi, validitas empiris, dan reliabilitas instrumen asesmen kinerja literasi
sains berbasis STEM yang sebelumnya telah disusun. Instrumen yang dikembangkan berupa
lembar pengamatan dan tes pilihan ganda. Analisis validitas isi dari lembar pengamatan
menggunakan Koefisien V oleh Aiken sedangkan validitas isi instrumen tes dianalisis dengan
menggunakan CVI (Content Validity Index) oleh Lawshe. Validitas empiris reliabilitas instrumen
tes diestimasi dengan IRT (Item Response Theory). Reliabilitas lembar pengamatan ditentukan
dengan ICC (Item Correlation Coefficient).
Penelitian ini merupakan bagian dari
penelitian pengembangan asesmen kinerja
literasi sains berbasis STEM pada pembelajaran fisika. Instrumen yang telah memenuhi standar kevalidan dan standar kereliabelan dapat digunakan untuk tahap pengukuran. Tahapan penelitian secara keseluruhan yang disajikan pada Gambar 1 mengacu
pada pembuatan instrumen tes yang dibuat
oleh Supahar & Prasetyo (2015, p. 99)

Validitas isi suatu butir dapat dibuktikan dengan menggunakan CVR dan CVI
atau koefisien V Aiken. CVR dan CVI diusulkan oleh Lawshe pada tahun 1975
dengan menggunakan 3 skala rating (Lawshe,
1975, p. 567). Pada tahun 1985, Aiken mengusulkan konsep validitas isi dengan lebih
rinci. Kerincian tersebut terlihat dari standar
kevalidan yang dipengaruhi oleh jumlah rater
dan skala rating yang digunakan (Aiken,
1985, p. 133). Penggunaan cara pembuktian
harus memperhitungkan asumsi atau syarat
yang harus dipenuhi, sedangkan,Pembuktian
validitas dengan menggunakan konsep dari
Lawshe (1975, p. 567) hanya menggunakan
tiga skala rating, yaitu (1) esensial, (2) berguna tetapi tidak esensial, dan (3)tidak perlu.
Pembuktian validitas isi oleh Lawshe
(Lawshe, 1975, p. 567; Azwar, 2012, p. 114)
dapat ditentukan dengan formula:
keterangan: ne = banyaknya SME (Subject Matter Experts) yang menilai suatu butir 'esential'
n = banyaknya SME yang melakukan penelitian
Nilai CVR memiliki rentang antara -1 sampai dengan 1. Jika setengah dari SME menyatakan esensial maka nilai CVR akan bernilai 0. CVR akan bernilai 1 jika seluruh SME menyatakan esensial untuk suatu butir. Acuan standar kevalidan item menurut Lawshe (1975, p. 568) ditunjukkan pada Tabel 1.
Butir yang mermperoleh nilai CVR
negatif merupakan butir yang tidak valid dan
harus dieliminasi. Nilai validitas tes secara
keseluruhan dapat ditentukan dengan menggunakan CVI (Content Validity Index). Penentuan CVI (Lawshe, 1975, p. 568; Azwar,
2012, p. 115) dilakukan dengan menggunakan formula:
Keterangan:
CVR = Content Valdity Ratio dari tiap item
k = banyaknya butir soal
Pada pembuktian validitas isi (Azwar,
2012, p. 113), peneliti dapat menentukan
banyaknya kategori rating yang dikehendaki.
Banyaknya kategori rating mempengaruhi
standar validitas isi yang ditentukan oleh
Aiken. Banyaknya kategori rating terkecil
yang dirumuskan oleh Aiken adalah 2 dan
terbanyak adalah 7 (Aiken, 1985, p. 134). Penelitian ini menggunakan 5 kategori rating
dan 7 Rater. Berdasarkan standar yang telah
ditetapkan Aiken (Aiken, 1985, p. 134), standar minimal V Aiken untuk penelitian ini
adalah 0,75 dengan probabilitas 0,041.
Koefisien validitas Aiken didapatkan perhitungan dengan skor mentah dari ahli yang berjumlah n. Nilai koefisien V Aiken memiliki rentang antara -1 sampai dengan 1
(Supahar, 2015, p. 66). Validitas isi dengan
menggunakan koefisien V Aiken (Azwar,
2012, p. 113; Aiken, 1985, p. 133) diperoleh
dengan menerapkan formula:
Analisis validitas isi dengan menggunakan menggunakan koefisien Aiken V
digunakan untuk menguji validitas instrumen
lembar pengamtan, sengan validitas isi yang
diperkenalkan oleh Lawshe digunakan untuk
menguji validitas isi instrumen tes.
link jurnal
Komentar
Posting Komentar