cek validitas dan reliabilitas

VALIDITAS DAN RELIABILITAS INSTRUMEN ASESMEN KINERJA LITERASI SAINS PELAJARAN FISIKA BERBASIS STEM

Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian pengembangan asesmen kinerja literasi sains berbasis STEM pada pembelajaran fisika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan validitas isi, validitas empiris, dan reliabilitas instrumen asesmen kinerja literasi sains berbasis STEM yang sebelumnya telah disusun. Instrumen yang dikembangkan berupa lembar pengamatan dan tes pilihan ganda. Analisis validitas isi dari lembar pengamatan menggunakan Koefisien V oleh Aiken sedangkan validitas isi instrumen tes dianalisis dengan menggunakan CVI (Content Validity Index) oleh Lawshe. Validitas empiris reliabilitas instrumen tes diestimasi dengan IRT (Item Response Theory). Reliabilitas lembar pengamatan ditentukan dengan ICC (Item Correlation Coefficient).

Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian pengembangan asesmen kinerja literasi sains berbasis STEM pada pembelajaran fisika. Instrumen yang telah memenuhi standar kevalidan dan standar kereliabelan dapat digunakan untuk tahap pengukuran. Tahapan penelitian secara keseluruhan yang disajikan pada Gambar 1 mengacu pada pembuatan instrumen tes yang dibuat oleh Supahar & Prasetyo (2015, p. 99)

Validitas isi suatu butir dapat dibuktikan dengan menggunakan CVR dan CVI atau koefisien V Aiken. CVR dan CVI diusulkan oleh Lawshe pada tahun 1975 dengan menggunakan 3 skala rating (Lawshe, 1975, p. 567). Pada tahun 1985, Aiken mengusulkan konsep validitas isi dengan lebih rinci. Kerincian tersebut terlihat dari standar kevalidan yang dipengaruhi oleh jumlah rater dan skala rating yang digunakan (Aiken, 1985, p. 133). Penggunaan cara pembuktian harus memperhitungkan asumsi atau syarat yang harus dipenuhi, sedangkan,Pembuktian validitas dengan menggunakan konsep dari Lawshe (1975, p. 567) hanya menggunakan tiga skala rating, yaitu (1) esensial, (2) berguna tetapi tidak esensial, dan (3)tidak perlu. Pembuktian validitas isi oleh Lawshe (Lawshe, 1975, p. 567; Azwar, 2012, p. 114) dapat ditentukan dengan formula:
keterangan: ne  = banyaknya SME (Subject Matter Experts) yang menilai suatu butir 'esential'
                     n  = banyaknya SME yang melakukan penelitian

Nilai CVR memiliki rentang antara -1 sampai dengan 1. Jika setengah dari SME menyatakan esensial maka nilai CVR akan bernilai 0. CVR akan bernilai 1 jika seluruh SME menyatakan esensial untuk suatu butir. Acuan standar kevalidan item menurut Lawshe (1975, p. 568) ditunjukkan pada Tabel 1.
Butir yang mermperoleh nilai CVR negatif merupakan butir yang tidak valid dan harus dieliminasi. Nilai validitas tes secara keseluruhan dapat ditentukan dengan menggunakan CVI (Content Validity Index). Penentuan CVI (Lawshe, 1975, p. 568; Azwar, 2012, p. 115) dilakukan dengan menggunakan formula: 
Keterangan: CVR = Content Valdity Ratio dari tiap item
                           k = banyaknya butir soal

Pada pembuktian validitas isi (Azwar, 2012, p. 113), peneliti dapat menentukan banyaknya kategori rating yang dikehendaki. Banyaknya kategori rating mempengaruhi standar validitas isi yang ditentukan oleh Aiken. Banyaknya kategori rating terkecil yang dirumuskan oleh Aiken adalah 2 dan terbanyak adalah 7 (Aiken, 1985, p. 134). Penelitian ini menggunakan 5 kategori rating dan 7 Rater. Berdasarkan standar yang telah ditetapkan Aiken (Aiken, 1985, p. 134), standar minimal V Aiken untuk penelitian ini adalah 0,75 dengan probabilitas 0,041.

Koefisien validitas Aiken didapatkan perhitungan dengan skor mentah dari ahli yang berjumlah n. Nilai koefisien V Aiken memiliki rentang antara -1 sampai dengan 1 (Supahar, 2015, p. 66). Validitas isi dengan menggunakan koefisien V Aiken (Azwar, 2012, p. 113; Aiken, 1985, p. 133) diperoleh dengan menerapkan formula:

Analisis validitas isi dengan menggunakan menggunakan koefisien Aiken V digunakan untuk menguji validitas instrumen lembar pengamtan, sengan validitas isi yang diperkenalkan oleh Lawshe digunakan untuk menguji validitas isi instrumen tes.

link jurnal

 








Komentar

Postingan populer dari blog ini