Uji validitas

REVIEW JURNAL 



Judul : Uji Validitas pengembangan tes untuk mengukur kemampuan pemahaman relasional pada materi persamaan kuadrat siswa kelas VIII SMP

Novelty: berdasarkan hasil observasi penulis diperoleh beberapa temuan. Guru terbiasa memberikan soal tes yang kurang memacu siswa untuk mengetahui materi secara procedural sehingga siswa hanya terbiasa mengerjakan soal yang dapat dikategorikan soal pemahaman tingkat rendah. mengukur kemampuan pemahaman relasional siswa adalah guru dapat mengetahui sebatas mana kemampuan pemahaman siswa secara konseptual dan prosedural sehingga dapat diketahui bahwa siswa telah memahami materi yang telah diberikan secara utuh dan benar sesuai dengan tujuan pembelajaran matematika.

Tujuan : untuk mengetahui kevalidan pengembangan tes untuk mengukur kemampuan relasional.

Latar belakang penelitian yaitu biasanya diberikan soal tes oleh guru belum memuat perhitungan secara procedural, dam masih kurang bervariasi.

Jenis penelitian yang digunakan merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and development) dengan mengadopsi prosedur pengembanan 4D meliputi define, design, dan develop.

Hasil yang diperoleh Rata-rata validitas soal oleh ketiga validator materi adalah 3,26 maka validitas soal oleh ahli materi secara keseluruhan dikatakan sangat valid

Hasil validitas empiris yang didapatkan dari 25 butir ragam soal, ada 20 soal yang valid dan 5 soal yang tidak valid.

Pada uji reliable, nilai reliabelnya adalah 0,7668 sehingga soal dikatakan reliable.

hasil uji tingkat kesukaran kategori tingkat kesukaran soal sudah merata


link jurnal : https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.60-65

Komentar

Postingan populer dari blog ini