Uji validitas
REVIEW JURNAL
Judul : Uji Validitas pengembangan tes untuk mengukur
kemampuan pemahaman relasional pada materi persamaan kuadrat siswa kelas VIII
SMP
Novelty: berdasarkan hasil observasi penulis diperoleh beberapa temuan. Guru terbiasa memberikan soal tes yang kurang memacu siswa untuk mengetahui materi secara procedural sehingga siswa hanya terbiasa mengerjakan soal yang dapat dikategorikan soal pemahaman tingkat rendah. mengukur kemampuan pemahaman relasional siswa adalah guru dapat mengetahui sebatas mana kemampuan pemahaman siswa secara konseptual dan prosedural sehingga dapat diketahui bahwa siswa telah memahami materi yang telah diberikan secara utuh dan benar sesuai dengan tujuan pembelajaran matematika.
Tujuan : untuk mengetahui kevalidan pengembangan tes untuk
mengukur kemampuan relasional.
Latar belakang penelitian yaitu biasanya diberikan soal tes
oleh guru belum memuat perhitungan secara procedural, dam masih kurang
bervariasi.
Jenis penelitian yang digunakan merupakan jenis penelitian
pengembangan (Research and development) dengan mengadopsi prosedur pengembanan
4D meliputi define, design, dan develop.
Hasil yang diperoleh Rata-rata validitas soal oleh ketiga
validator materi adalah 3,26 maka validitas soal oleh ahli materi secara
keseluruhan dikatakan sangat valid
Hasil validitas empiris yang didapatkan dari 25 butir ragam
soal, ada 20 soal yang valid dan 5 soal yang tidak valid.
Pada uji reliable, nilai reliabelnya adalah 0,7668 sehingga
soal dikatakan reliable.
hasil uji tingkat kesukaran kategori tingkat kesukaran soal
sudah merata
link jurnal : https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.60-65
Komentar
Posting Komentar