metode penelitian13
Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Diri terhadap Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak
Nama penulis : Dina Kartika Putri, Myrnawati Crie Handayani, Zarina Akbar
jurnal : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
volume : 4
tahun penerbitan : 2020
jumlah halaman : 9 halaman
Novelty Artikel : tidak ada
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran (audio visual dengan media pembelajaran visual) dan motivasi diri terhadap keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak di TK Kabupaten Mojokerto.
Penelitian (Rahman, 2014) yang menyatakan bahwa semakin literate orang tua dalam kemampuannya melibatkan diri secara aktif dalam implementasi program-program sekolah, maka secara signifikan akan berpengaruh pada peningkatan capaian pembelajaran peserta didik. Permendikbud No. 30 Tahun 2017 menyebutkan bahwa pelibatan keluarga pada penyelenggaraan pendidikan bertujuan untuk membangun sinergitas antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat serta mewujudkan lingkungan satuan pendidikan yang aman, nyaman dan menyenangkan. Keterlibatan tersebut dapat ditandai dengan keaktifan untuk memantau pendidikan anaknya di sekolah, dengan menghadiri kegiatankegiatan sekolah yang sudah diselenggarakan sekolah untuk menambah pengetahuan orang tua.
Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain faktorial 2 X 2, sampel berjumlah 56 diambil secara random dari populasi yang terbagi dalam empat kelompok, setiap kelompok terdiri dari 14 orang tua peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa: angket motivasi diri orang tua siswa, dan kuesioner keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak. Data penelitian dianalisis dengan analisis varians (ANAVA) dua jalur dan dilakukan uji lanjut karena terdapat interaksi antar faktor.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan keterlibatan orang tua yang diberikan melalui media pembelajaran audio visual dan visual, (2) Perbedaan keterlibatan orang tua antara yang memiliki motivasi diri tinggi dan motivasi diri rendah, (3) Pengaruh interaksi antara penggunaan media pembelajaran (audio visual dan visual) dan motivasi diri orang tua siswa (motivasi tinggi dan motivasi rendah) terhadap keterlibatan orang tua, (4) Perbedaan keterlibatan orang tua siswa yang memiliki motivasi diri tinggi antara yang mendapatkan media pembelajaran audio visual dengan menggunakan media pembelajaran visual, (5) Perbedaan keterlibatan orang tua siswa yang memiliki motivasi diri rendah antara yang mendapatkan media pembelajaran audio visual dengan menggunakan media pembelajaran visual.
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa keterlibatan orang tua pada pendidikan anak di TK dapat ditingkatkan yang melalui pembelajaran orang tua menggunakan media audio visual bagi orang tua memiliki motivasi diri tinggi, dan sebaliknya keterlibatan orang tua pada pendidikan siswa di TK dapat ditingkatkan yang melalui pembelajaran orang tua menggunakan media visual bagi orang tua memiliki motivasi diri rendah. Keberbaruan penelitian ini menunjukkan pentingnya keterlibatan orang tua dalam proses penyelenggaraan pendidikan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keterlibatan orang tua pada pendidikan anak di TK dapat ditingkatkan yang melalui pembelajaran orang tua menggunakan media audio visual bagi orang tua memiliki motivasi diri tinggi, dan sebaliknya keterlibatan orang tua pada pendidikan siswa di TK dapat ditingkatkan yang melalui pembelajaran orang tua menggunakan media visual bagi orang tua memiliki motivasi diri rendah.
link pdfpdf
Komentar
Posting Komentar