Validitas
A.
Pendahuluan
Perangkat pembelajaran adalah bahan yang
disusun untuk pendidik dan peserta didik dalam melakukan kegiatan pembelajaran.
Perangkat pembelajaran berfungsi sebagai pedoman pelaksanaan pembelajaran agar
pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. Serta lebih menarik dan dapat
memotivasi peserta didik untuk berperan aktif dalam pembelajaran. Perangkat
pembelajaran sangat penting bagi pendidik sebagai pedoman dalam kegiatan
pembelajaran, termasuk dalam pembelajaran fisika.
Untuk mengurangi kelemahan model
pembelajaran discovery itu sendiri, pengembangan perangkat pembelajaran fisik
model discovery sangat cocok dikombinasikan dengan pendekatan konflik kognitif.
Pendekatan konflik kognitif mengajarkan siswa kontradiksi untuk mencapai
keseimbangan ilmu pengetahuan yang lebih tinggi. Konflik kognitif menurut
Ismaimuza merupakan insentif awal untuk memperoleh keseimbangan baru, atau
keseimbangan baru, di mana kedudukannya lebih tinggi daripada keseimbangan
sebelumnya. Hewson, dan Stavy & Berkovitz memberikan penjelasan lebih
lanjut tentang konsep konflik kognitif. Mereka menemukan bahwa ada dua kategori
konflik kognitif yang berbeda yang berkaitan dengan berbagai jenis ekuilibrasi
dalam teori Piaget: konflik antara apa yang dipikirkan siswa dan apa yang
mereka alami, dan konflik antara dua struktur kognitif yang berbeda yang
berkaitan dengan peristiwa yang sama. Pembelajaran dilakukan melalui model
pembelajaran discovery yang menggabungkan pendekatan konflik.
B.
Metode
Penelitian
Jenis penelitian ini termasuk penelitian
dan pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan perangkat
pembelajaran fisika model discovery dengan pendekatan konflik kognitif mengacu
pada langkah-langkah pengembangan 4D Thiagaran yaitu define, design, develop
dan disseminate. Uji kevalidan perangkat pembelajaran dilakukan oleh
tiga validator ahli dengan cara mengisi lembar validasi. Data hasil validasi
ahli dianalisis untuk mengetahui tingkat kevalidannya dengan menggunakan
formula Aiken’s V.
Tabel 1 Tingkat Kevalidan
Rentang Nilai |
Kategori |
|
Validitas lemah |
0,4 > V < 0,8 |
Validitas sedang |
Validitas tinggi |
Selanjutnya untuk mengukur kesepahaman
antar validator (inter rater reability), dianalisis menggunakan percentage
agreement. Hasil validasi perangkat pembelajaran dikatakan reliabel apabila
percentage agreement > 75%. Perangkat pembelajaran dikatakan layak digunakan
dalam pembelajaran, apabila hasil analisis memenuhi kategori validitas tinggi
dan reliabel.
C. Hasil
dan Pembahasan
D. Kesimpulan
Perangkat pembelajaran fisika model discovery dengan pendekatan konflik kognitif yang dikembangkan memiliki validitas yang tinggi, dan reliabel. Hal tersebut mengindikasikan bahwa perangkat pembelajaran tersebut layak
Komentar
Posting Komentar