statistik inferensial13


PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN ASESMEN PORTOFOLIO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MAHASISWA


Nama penulis :  Umi Hasanah, Herawati Susilo, Hadi Suwono

jurnal : Teori, Penelitian, dan Pengembangan

volume : 1

tahun penerbitan : 2016

jumlah halaman : 6 halaman

Novelty Artikel : tidak ada

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh pembelajaran inkuiri dengan asesmen portofolio dengan pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif mahasiswa. 

Pendekatan penelitian quasy experiment design dengan rancangan pre test-post test non equivalent control group design. Analisis data dengan statistik parametrik untuk uji hipotesis yaitu analisis kovarian (Ancova) dengan menggunakan bantuan SPSS 22 for windows dengan taraf signifikansi 0,05. Penelitian dilakukan di Universitas Negeri Malang Jurusan Biologi Matakuliah Ekologi. Sampel penelitian terdiri atas 3 kelas, yaitu 2 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol. 

Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan eksperimen semu (quasy experiment design) dengan rancangan pre test-post test non equivalent control group design. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif untuk menggambarkan hasil penelitian secara umum dan statistik parametrik untuk uji hipotesis, yaitu analisis kovarian (Ancova) dengan menggunakan bantuan SPSS 22 for windows dengan taraf signifikansi 0,05. Penelitian dilakukan di Universitas Negeri Malang Jurusan Biologi matakuliah Ekologi. Sampel penelitian terdiri atas 3 kelas, yaitu 2 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol. Kelas eksperimen dengan perlakuan pembelajaran inkuiri dengan portofolio dengan jumlah 26 mahasiswa. Kelas eksperimen dengan perlakuan pembelajaran inkuiri dengan jumlah 28 mahasiswa dan kelas kontrol dengan jumlah 25 mahasiswa. Pemilihan sampel dengan menggunakan teknik random sampling berdasarkan nilai uji kesetaraan melalui nilai tes dengan nilai signifikasi sebesar 0,738 yang menunjukkan variasi populasi sama. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif yang berasal dari pengukuran kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif yang diukur dengan menggunakan soal tes esai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan pengaruh pembelajaran inkuiri dengan portofolio, pembelajaran inkuiri dan konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa dengan nilai sig. 0,00 dan (2) ada perbedaan pengaruh pembelajaran inkuiri dengan portofolio, pembelajaran inkuiri dan konvensional terhadap hasil belajar kognitif mahasiswa dengan nilai sig. 0,000.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa ada perbedaan pengaruh pembelajaran inkuiri dengan portofolio, pembelajaran inkuiri dan konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa dengan nilai sig. 0,00. Pengaruh pembelajaran inkuiri dengan portofolio terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa lebih tinggi 35,6% dan berbeda nyata dibandingkan dengan pembelajaran inkuiri dan konvensional, sedangkan pengaruh inkuiri dengan konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa tidak berbeda nyata. Selanjutnya, perbedaan pengaruh pembelajaran inkuiri dengan portofolio, pembelajaran inkuiri dan konvensional terhadap hasil belajar kognitif mahasiswa dengan nilai sig. 0,000. Pengaruh pembelajaran inkuiri dengan portofolio terhadap hasil belajar kognitif mahasiswa lebih tinggi dan berbeda nyata dengan pembelajaran inkuiri dan konvensional. Pengaruh pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar kognitif mahasiswa lebih tinggi dan berbeda nyata dengan pembelajaran konvensional, yaitu dengan nilai sig. 0,002.

link pdf

Komentar

Postingan populer dari blog ini